Senin, 16 Maret 2009

NOS untuk Dongkrak Tenaga Mesin

NOS untuk Dongkrak Tenaga Mesin

INGIN mendongkrak tenaga mesin mobil Anda? Anda bisa menggunakan perangkat tambahan yang disebut NOS (Nitrous Oxide System). Selain itu, juga turbo.

NOS telah lama digunakan oleh para modifikator atau pecinta balapan dan sudah sangat lazim didengar oleh telinga kita. Alat ini berupa gas yang bernama Nitous Oxide (N2O), campuran antara gas nitrogen dengan oksigen.

Penggunaan NOS pada mesin adalah untuk memperkaya pembakaran di dalam mesin sehingga tenaganya dapat meningkat secara signifikan. Hal ini disebabkan karena adanya gas N2O yang mampu menambahkan jumlah oksigen untuk pembakaran sehingga ledakan diruang bakar lebih besar dan menghasilkan tenaga yang lebih besar pula.

Ada dua jenis sistem suplai bahan bakar pada mesin mobil, yaitu tipe karburator dan injektor. Kedua-duanya tetap dapat menggunakan NOS, yang membedakan hanya pada proses instalasi dan kit yang digunakannya saja. Ada dua jenis cara pemasangan untuk NOS, yaitu sistem basah (Wet) dan Kering (Dry).

Sistem Wet Nos proses pencampuran antara BBM dan gas nitrous menggunakan injekctor khusus dan harus di-setting melalui ukuran spuyer agar perbandingannya sesuasi yang diinginkan. Ini biasanya digunakan untuk mobil dengan sistem suplai bahan bakar karburator. Untuk penggunaan di mesin karburator dibutuhkan alat tambahan lagi yang bernama spray bar.

Yang kedua adalah sistem Dry NOS, proses pencampurannya dilakukan terpisah; nosel NOS disambung langsung menuju ruang pembakaran, terpisah dengan bensin yang melalui jalur sendiri baik untuk karburator ataupun dengan sistem injektor.

Dalam mengaplikasikan NOS di kendaran kita sebaiknya perhatikan kondisi kendaraan yang harus pada kondisi baik secara keseluruhan dan yang pasti hendaknya kendaraan kita ditangani oleh orang yang benar-benar ahli untuk masalah ini. - situsotomotif

Tidak ada komentar:

Comments

Photobucket