Kamis, 19 Maret 2009

asteroid besar mendekati bumi

Asteroid Raksasa Mendekati Bumi
Budi Winoto

(istimewa)

INILAH.COM, Jakaata – Sebuah asteroid sebesar gedung bertingkat melewati bumi Selasa (3/3). Jarak asteroid ini dengan bumi mencapai dua kali orbit satelit tertinggi.

Karang angkasa itu berukuran lebar 35 meter. Lebih besar dibandingkan dengan asteroid yang menyebabkan ledakan hebat di atas Siberia pada 1908 dan menghancurkan 2.000 kilometer per segi hutan.

Asteroid 2009 DD45 sangat dekat dengan bumi hari ini. Jaraknya dengan bumi hanya 72.000 km sangat dekat dengan geostasioner satelit komunikasi.

Astronom sudah tahu asteroid akan datang dan tidak ada ancaman akan jatuh ke bumi. Tapi beberapa diantaranya ada yang lolos masuk ke bumi. Obyek serukuran mobil, beberapa kali masuk ke atmosfer pada tahun lalu. Kebanyakan obyek ini terbakar di atmosfer atau jatuh ke laut.

Ilmuwan menghitung asteroid seukuran Tunguska 1908 yang menghancurkan hutan Siberia bisa menghantam bumi tiap dua abad sekali. Saat benda angkasa masuk atmosfer bumi, jika ukurannya kecil bisa hancur berkeping-keping atau meledak sebelum menyentuh permukaan.

Jika jatuh atau meledak di atas suatu kota bisa menghasilkan kerusakan secara lokal.[ito]

Tidak ada komentar:

Comments

Photobucket