Kamis, 19 Maret 2009

satellite cina jatuh kebulan..???

Teknologi
02/03/2009 - 01:15
Satelit China Jatuh ke Bulan

(istimewa)

INILAH.COM, Beijing – Wahana penjelajah China jatuh ke bulan Minggu(1/3). Kecelakaan itu menghentikan misi selama 16 bulan penelitian permukaan bulan secara menyeluruh.

Kantor berita Xinhua mengutip sumber di Lembaga Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Pertahanan Nasional mengatakan satelit Chang'e 1 jatuh ke bulan pada jam 16:13 waktu setempat.

Satelit di kontrol dari jarak jauh oleh dua observatorium di Qingdao dan Kashgar, sebuah kota kecil di timur laut China.

China meluncurkan wahana itu pada akhir Oktober 2007 untuk melakukan penelitian keseluruhan permukaan bulan. Satelit itu diantarkan ke angkasa oleh roket Long March 3A. Satelit itu sebelumnya meneliti permukaan bulan dengan radar stereo serta peralatan lain.

China berhasil mengantar awaknya ke angkasa pada 2003, menjadi negara ketiga setelah Rusia dan AS yang meluncurkan manusia ke angkasa.

Tahun lalu, China mengklaim telah melakukan jalan di luar pesawat. China juga berambisi untuk membangun stasiun angkasa permanen dan mendaratkan manusia di bulan.[ito]

Tidak ada komentar:

Comments

Photobucket