Rabu, 01 April 2009

Bentang Tengah Jembatan Suramadu Tersambung

Akhirnya, Bentang Tengah Jembatan Suramadu Tersambung
Written by Administrator, on 01-04-2009 01:10
Views 8
Rangkaian paling sulit pada Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) akhirnya tersambung. Pemasangan steel box girder terakhir pada bentang tengah jembatan terpasang pada pukul 00.00 WIB, Rabu (1/4/2009). Usai tersambung, kembang api-api pun dinyalakan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V, Departemen PU, AG Ismail mengatakan bentang tengah jembatan dengan panjang 5.438 meter ini terdiri dari 18 steel box girder. Steel box girder ini terpasang di atas dua pilar yaitu pilar ke 46 dan 47.

jembatan suramadu"Pemasangan ini dilakukan dengan persiapan matang. Dari semua kontruksi jembatan, penyambungan bentang tengah paling sulit dilakukan," katanya kepada wartawan.

Kenapa steel box girder dilakukan malam hari? Menurut Ismail, steel box girder membutuhkan suhu rendah. Jika dilakukan pada siang hari dikhawatirkan akan memuai.

"Agar steel box girder ini tidak memuai," ungkapnya.

Dia mengatakan karena seluruh kabel penyangga jembatan sudah selesai maka jembatan yang diresmikan pada tahun 2003 ini bisa selesai pada Juni 2009 mendatang.

"Pekerjaan pembangunan jembatan tersisa dua tahap yaitu merampungkan jembatan penghubung atau approach bridge sisi Surabaya dan penyelesaian akses Suramadu sisi Madura," jelasnya.

Pada saat penyambungan bentang tengah menggunakan crane. Steel box girder tersebut adalah lantai berbahan dasar baja. Panjangnya masing-masing 12 meter dengan berat 160 ton dan panjang main bridge sendiri mencapai angka 318 meter.

Material baja untuk main bridge atau bentang tengah dibuat oleh Baosteel Group and Shougang Company dan dipabrikasikan oleh Jiangnan Heavy Industri Co.Ltd dari China.

Tidak ada komentar:

Comments

Photobucket